ACARA NLC 2014

Attention: open in a new window. PDFPrintE-mail

 

Program Indonesia Leaderhsip Camp dan Nusantara Leadership Camp


Program Indonesia Leaderhsip Camp

Berikut adalah program-program Indonesia Leadership Camp 2014  yang akan berlangsung pada 22-23 Agustus 2014 di Universitas Indonesia, Depok.

1. Training Leadership Development

Acara ini merupakan salah satu bagian dari Indonesia Leadership Camp yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan juga bekal hal-hal yang prinsipiil untuk memiliki jiwa kepemimpinan yang mumpuni bagi setiap peserta ILC-NLC 2014.

Pembicara: Dr. Arief Munandar

2. Seminar Kepemimpinan Nusantara

Acara ini meruapakan salah satu bagian dari rangkaian acara Indonesia Leadership Camp yang bertujuan untuk memberikan bekal dan pengantar kepada seluruh peserta ILC-NLC tentang aspek-aspek dan skill apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Pemimpin Generasi Muda Nusantara.

Pembicara: Dr. Kamarudin

3. Persiapan Persembahan Budaya Daerah

Acara ini merupakan salah satu rangkaian Indonesia Leaderhsip Camp yang menjadi wadah setiap peserta untuk menampilkan persembahan budaya daerah yang telah dipersiapkan yang akan ditampilkan saat acara Nusantara Leadership Camp di Putrajaya, Malaysia.

4. Team Building Peserta ILC-NLC

Acara ini merupakan rangkaian acara yang menjadi wadah untuk mempersatukan dan mempererat hubungan antar peserta ILC-NLC yang bertujuan untuk mengakrabkan para peserta dari Indonesia agar dapat kompak selama pelaksanaan Nusantara Leadership Camp di Putrajaya, Malaysia.

 

 


Program Nusantara Leaderhsip Camp

Berikut adalah program-program Nusantara Leadership Camp 2014 yang akan berlangsung pada 23-27 Agustus 2014 di Putrajaya, Malaysia.

1. Majlis Perasmian

Acara ini merupakan acara perasmian pembukaan Nusantara Leadership Camp 2014.

a. YAB Perdana Menteri Malaysia

b. YB Menteri Komunikasi dan Multimedia Malaysia

c. Pengarah Komunikasi Kementerian Kewangan Malaysia

d. Rektor Universitas Indonesia

e. Direktur Eksekutif ILEAD-UI

f. Ketua Pengarah JASA

g. NC/TNC UiTM

h. Pengarah Nusantara Leadership Camp 2014

  1. ASPEK SOLIDARITAS DAN KEUSAHAWANAN SOSIAL

Wacana 1 : Regenarasi Pemimpin Nusantara

Dialog dan perbahasan tentang sejarah, pandangan, cabaran dan situasi terkini Nusantara. Peserta diharapkan dapat memahami persamaan dan perbezaan pandangan tentang konsep Nusantara.

Panelis : Wakil Malaysia - Mohamad Ezam Nor, Wakil Indonesia – Dr. Kamarudin, Wakil Brunei – akan ditetapkan

Wacana 2 : Potensi Pasaran Nusantara

Seminar berkenaan dengan potensi pemimpin muda nusantara dalam pelbagai bidang juga membicarakan tentang mewujudkan lebih banyak peluang dan potensi baru dalam menjana ekonomi serantau.

Panelis : Wakil Malaysia - Datuk Ahmad bin Maslan, Wakil Indonesia –

Dr. Shofwan Albanna Choiruzzad, Wakil Singapura – akan ditetapkan

Wacana 3 : Refleksi Pembangunan Sahsiah dari Aspek Emosi dan Spiritual

Acara ini merupakan program pembangunan karakter kepimpinan dengan menyentuh lingkungan kecerdasan emosi dan spiritual yang dibantu selia oleh tenaga pelatih professional ESQ. Usaha ini adalah untuk menjadikan pegangan asas yang benar sebagai dasar pembinaan karakter kepemimpinan.

Panelis : Wakil Indonesia, Penceramah ESQ – Dr. (Ch) Ary Ginajar dan Arif Rahman Saleh

Wacana 4 : Gerakan Belia dalam Menghadapi Cabaran Nasional dan Global Kini

Pada acara ini peserta bersama para tokoh di bidang Politik, Ekonomi, Sosial-Budaya, akan berdikusi bersama agar peserta peka terhadap permasalahan disekitarnya yang memerlukan tindakan fizikal dari seorang pemimpin. Topik yang akan diangkat adalah isu-isu nasional dan global yang sedang dihadapi Nusantara saat ini, solusi apa yang ditawarkan oleh peserta sebagai pemimpin muda, dan kontribusi seperti yang boleh dilakukan untuk merealisasikan solusi tersebut.

Panelis: Wakil Malaysia – akan ditetapkan, Wakil Indonesia –Ridwan Kamil, Wakil Thailand – akan ditetapkan

Wacana 5 : Potensi Gerakan Keusahawanan Sosial

Membicarakan tentang potensi gerakan keusahawanan sosial dalam membangun masyarakat dan menjana ekonomi serantau. Juga memberi pendedahan tentang cara perlaksanaan tepat program keusahawanan sosial.

Panelis : Wakil Malaysia – akan ditetapkan, Wakil Indonesia – Chairul Anhar/ Prof. Misri Gozan, Wakil Brunei – akan ditetapkan

Pembentangan Proposal Projek Keusahawanan Sosial

Dalam segmen ini, semua kumpulan diminta untuk membentang proposal serta 5 proposal terbaik akan dipilih dan modal permulaan akan ditaja oleh kerajaan Malaysia.

JURI : Wakil Malaysia – En. Azrul, En. Amirul, Wakil Indonesia – Pipin Sopian, IMRI/ Dr. Heru Susetyo, Wakil Filipina – akan ditetapkan

  1. ASPEK PRAKTIKAL MEDIA SOSIAL DAN PENULISAN

Bengkel Media Sosial 1: Sesi bersama YB Menteri Komunikasi dan Multimedia Malaysia

Acara ini merupakan sesi khas untuk peserta menjalani bengkel mengenai media sosial secara terus dengan Menteri yang bertanggungjawab mengenai portfolio ini.

Bengkel Media Sosial 1: Sesi bersama Menteri Komunikasi RI

Acara ini merupakan sesi khas untuk peserta menjalani bengkel mengenai media sosial secara terus dengan Menteri yang bertanggungjawab mengenai portfolio ini.

Bengkel Penulisan : The Power of Writing for Leaders

Acara ini mengkaji tentang kekuatan menulis bagi pemimpin. Di dalam sesi ini akan dijelaskan tentang pentingnya menulis bagi para pemimpin, perbedaan pemimpin yang menulis dan yang tidak menulis, bagaimana memulai dan membiasakan menulis, tips menulis efektif, dan kedisiplinan dalam menulis.

Bersama Habiburohman El Syiraji (Penulis dan Sutradara Buku Ayat-Ayat Cinta dan Ketika Cinta Bertasbih)

  1. ASPEK PENGETAHUAN DAN KEPEMIMPINAN

Field Trip “Learning from the Giant”

Acara ini merupakan acara kunjungan ke kompleks pentadbiran Perdana Menteri Malaysia di Putrajaya, Kementerian Kewangan Malaysia, Masjid Putrajaya, Kilang Proton dan juga Menara Berkembar Petronas.

Sesi bersama Tun Dr. Mahathir, Pengerusi Proton

Outbond Series

Acara ini merupakan latihan dasar kepemimpinan  dalam bentuk permainan-permainan luar yang sarat dengan nilai-nilai kepemimpinan seperti disiplin, kejujuran, keaktifan, dan kreativiti, serta semangat berpasukan. Selain itu, acara ini juga membantu dalam pembentukan jati diri peserta.

Khidmat Masyarakat

Acara ini bertujuan untuk membawa skil kepimpinan peserta ke bentuk praktikal selain daripada memupuk kerjasama dan memberi khidmat masyarakat kepada penduduk kampung.

Tayangan Filem Leftenan Adnan

Acara ini bagi memberi pengetahuan kepada peserta mengenai sejarah Malaysia dan juga mengambil iktibar serta pengajaran melalui penghayatan filem dan juga kupasannya.

Bedah Filem Leftenan Adnan

Acara ini merupakan kesinambungan kepada tayangan filem bagi mengupas aspek-aspek dan elemen-elemen penting dalam filem tersebut. Ini bertujuan untuk memberi pemahaman yang lebih jelas kepada peserta.

Panelis : Wakil Malaysia – Ketua Pengarah JASA, Wakil Indonesia – Dr. Yon Machmudi

  1. ASPEK KEBUDAYAAN

Persembahan Kebudayaan Jemputan

Acara ini bertujuan untuk memberi pendedahan kepada peserta mengenai warisan kebudayaan yang terdapat di Malaysia dan dipersembahkan oleh Kumpulan Persembahan Jemputan.

Persembahan Kebudayaan Peserta

Acara ini bertujuan untuk memberi pendedahan kepada peserta mengenai warisan kebudayaan yang terdapat di nusantara selain daripada memberi ruang kepada peserta untuk mempersembahkan bakat mereka dalam aspek kebudayaan.

  1. RESOLUSI DAN PENUTUP

Deklarasi Anak Muda Nusantara 2014 (DAMN2014)

Deklarasi ini merupakan ikrar pemimpin muda nusantara yang ingin dicapai dalam usaha melestarikan potensi kepemimpinan sejagat meliputi hal-hal ekonomi, politik, pembangunan social.

Majlis Penutup Nusantara Leadership Camp 2014

Acara ini merupakan Trademark Nusantara Leadership Camp yang akan melakukan ramah tamah dengan tokoh pemimpin Nusantara yang tidak hanya menyandang nama besar, tetapi juga memiliki kontribusi besar bagi bangsa dan negara. Acara yang akan diisi dengan sesi apresiasi peserta terbaik, presentasi Social Enterpreneurship Projek terbaik, dan sesi apresiasi lainnya. Di akhir acara ini akan ada penutupan secara simbolik.

Penceramah :

Prof. Jimly Asshiddiqqie (Indonesia)

Wakil Malaysia

Wakil Brunei Darusalam

 

Wakil Singapura

 
 
 
 
 


ILeaD © 2014
developed by FlipBox Studio