Indonesia Leadership Camp 2013

Attention: open in a new window. PDFPrintE-mail

Konten acara Indonesia Leadership Camp 2013

· Grand Opening

Acara ini merupakan acara peresmian pembukaan rangkaian acara ILC 2013 yang ditandai dengan pemukulan gong. Dalam acara ini, peserta disambut dan dilantik secara resmi melalui penyematan tanda peserta dan pembacaan ikrar pemimpin muda. Selain itu, peserta juga diberikan penjelasan tentang rangkaian acara secara umum.


· Seminar Pengenalan Diri “What It Means to be Me

Acara ini merupakan acara pengkondisian peserta ILC 2013 sebelum mereka mendapat materi-materi kepemimpinan. Seminar ini akan difasilitasi oleh psikolog ahli yang akan membantu peserta mengenali siapa mereka - seperti apa karakter dan kepribadian mereka, serta bakat dan potensi apa yang mereka miliki - untuk kemudian mereka bisa mengembangkan kepemimpinan dengan bakat dan potensi tersebut.

Pembicara : DR. Rose Mini


· Games “Tak Kenal Maka Tak Sayang”

Acara ini merupakan acara informal antara panitia dengan peserta, serta peserta dengan peserta. Dalam acara ini, peserta akan dibagi dalam kelompok-kelompok untuk memainkan beberapa games atau icebreaking yang bertujuan untuk dapat saling mengenal dan bersifat mengakrabkan satu sama lain. Hal ini penting untuk membentuk kesolidan antarpeserta dan juga antara panita dengan peserta demi kelancaran dan kesuksesan rangkaian acara ILC 2013.


· Softside Leadership Development Training I & II

Acara ini merupakan jantung dari rangkaian acara ILC 2013 yang bertujuan untuk membekali peserta dengan softskill kepemimpinan. Acara terdiri dari dua sesi training yang akan difasilitasi oleh trainer profesional di bidang kepemimpinan. Adapun materi softskill kepemimpinan yang diberikan antara lain leadership management, karakter kepemimpinan, prinsip-prinsip dasar kepemimpinan, kemampuan komunikasi, dan problem solving.

Trainer : Dr. Arief Munandar


· Seminar Nasionalisme “Nasionalisme Dulu, Kini, dan Nanti”

Acara ini merupakan seminar yang berbicara tentang hakikat nasionalisme sebagai fondasi kepemimpinan. Peserta perlu memahami nasionalisme seperti apa yang dibutuhkan oleh seorang pemimpin. Untuk itu, peserta perlu diberikan wawasan tentang nasionalisme yang dibutuhkan untuk kepemimpinan Indonesia pada zaman dahulu, saat sekarang, dan di masa yang akan datang.

Pembicara : Dedi Mizwar, Anis Baswedan, Pandji Pragiwaksono

Moderator : Neno Warisman


Talkshow “National and Global Challenges in Todays World

Acara ini merupakan acara talkshow bersama para tokoh ahli Indonesia di bidang politik, ekonomi, sosial-buaya, dan hankam. Tujuan dari acara ini adalah untuk membekali peserta dengan wawasan dan pengetahuan (hardskill) kepemimpinan agar mereka aware dan peka terhadap beragam permasalahan di sekitarnya yang membutuhkan tindakan nyata dari seorang pemimpin. Adapun topik yang akan dibahas dalam talkshow adalah berbagai isu nasional dan global yang sedang dihadapi saat ini, solusi apa yang bisa ditawarkan oleh peserta sebagai pemimpin muda, dan kontribusi seperti apa yang bisa dilakukan mereka untuk merealisasikan solusi tersebut

Pembicara : Gita Wirjawan, Sugiharto, Marty Natalegawa, Bambang Wijayanto

Moderator  : Andrie Djarot

Sustainable Social Entrepreneurship Workshop

Acara ini merupakan acara pembekalan materi tentang manajemen perencanaan, pelaksanaan, dan pemeliharaan proyek kewirausahaan sosial berkelanjutan yang akan difasilitasi oleh lembaga pembina kewirausahaan sosial yang telah berpengalaman membina para wirausahawan sosial dari berbagai universitas dan perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Kewirausahaan sosial berkelanjutan penting sebagai output nyata ILC 2013, dimana masyarakat akan dapat merasakan langsung kontribusi pemimpin muda untuk mengembangkan taraf hidup masyarakat, khususnya di tingkat akar rumput.

Pengisi acara : British Council


· Dialog Inspiratif “The Rise of Youth Movement for Change”

Acara ini merupakan acara dialog yang akan membahas tentang semangat dan kekuatan pemuda dalam menciptakan perubahan, mulai dari skala lokal, wilayah, nasional, hingga internasional. Dalam forum diskusi ini, peserta akan bertukar pikiran (sharing) dengan tokoh pemuda yang telah berhasil menciptakan perubahan yang signifikan bagi lingkungannya. Dari sharing ini, peserta dapat belajar dari pengalaman tokoh dan mengadopsi upaya tokoh tersebut agar dapat menciptakan perubahan yang sukses.

Pembicara : Ridwan Kamil (Indonesia Berkebun), Goris Mustaqim (Asgar Muda), Nadya Saib (Wangsa Jelita)

Moderator : Ajeng Kamaratih


· Inspirative Movie for Leaders

Acara ini merupakan acara semi hiburan bagi peserta ILC 2013 yang berupa acara nonton bersama film inspiratif yang kaya akan nilai-nilai nasionalisme, kepemimpinan, dan pemeliharaan lingkungan hidup. Adapun film yang diputar adalah film nasional yang diharapkan dapat membangun kecintaan generasi muda pada karya seni dalam negeri.

·

Field Trip Pengabdian Masyarakat “Go Green Voluntary Work”

Acara ini merupakan acara manifestasi salah satu tridharma perguruan tinggi, yaitu pengabdian masyarakat. Pengabdian masyarakat ini mengusung tema “Go Green” sebagai wujud dukungan terhadap salah satu Millenium Development Goals (MDGs). Sementara gaya hidup “Go Green” belum membudaya dalam masyarakat Indonesia, dimana yang terjadi adalah hal sebaliknya. Dengan demikian, diharapkan pengabdian masyarakat ini dapat menjadi sarana promosi gaya hidup “Go Green” yang kemudian akan dapat diteruskan sebagai sebuah kebiasaan yang membudaya.

·

Institutional Visit Rumah Perubahan Rheinald Kasali

Acara ini merupakan acara kunjungan ke Rumah Perubahan yang dikelola oleh Rheinald Kasali. Adapun tujuan diselenggarakannya acara ini adalah untuk mengenal lebih dekat dan memahami praktik socialentrepreneurship yang sudah established

·

Kenduri Kebangsaan

Acara ini merupakan acara trademark ILC 2013 dimana peserta akan melakukan ramah tamah dengan tokoh pemimpin Indonesia legendaris yang tidak hanya menyandang nama besar, tetapi juga mempunyai kontribusi besar bagi Bangsa dan Negara. Dalam acara ini, tokoh pemimpin dapat berbagi ilmu dan pengalamannya pada peserta sebagai inspirasi bagi mereka agar kelak dapat menjadi pemimpin yang tidak hanya mengejar nama besar tapi juga mampu membuat tindakan kontributif bagi Bangsa dan Negara. Ramah tamah ini akan dikemas secara tradisional dalam bentuk kenduri (makan malam lesehan).

Tokoh yang diundang : Sapardi Joko Darmono, Jokowi, BJ Habibie, Jusuf Kalla

Moderator : Mega Novelia

 

· Outbound I & II

Acara ini merupakan acara pelatihan dasar kepemimpinan dalam bentuk permainan-permainan luar ruang yang sarat akan nilai-nilai kepemimpinan seperti disiplin, jujur, aktif, dan kreatif, serta dinamika kelompok. Selain untuk mengasah kemampuan teamwork, acara ini juga bertujuan untuk character building peserta.

·

Students Conference

Acara ini merupakan acara khusus yang memberikan kesempatan pada peserta untuk melakukan diskusi internal mengenai isu-isu dan permasalahan daerah asal masing-masing. Forum diskusi ini diharapkan dapat menghasilkan output berupa draft resolusi terhadap berbagai isu dan permasalahan yang ada di daerah-daerah. Selanjutnya, untuk mendukung realisasi dan implementasi draft resolusi ini, forum diksusi ini akan diresmikan sebagai sebuah forum kepemudaan nasional yang nantinya mempunyai nama organisasi dan program kerja.

·

Presentasi 10 Terbaik Proposal Sustainable Leadership Idea Competition

Acara ini merupakan bagian dari rangkaian acara ILC 2013 yang berupa kompetisi, dimana salah satu syarat pendaftaran untuk seleksi awal, seluruh pendaftar diminta untuk membuat proposal Sustainable Leadership Idea. Dalam acara ini, 10 proposal terbaik akan dipresentasikan dan dipilih 3 terbaik untuk diberikan dana modal.

Juri        : Andreas Sanjaya (Nalacity Foundation), Aldi Haryopratomo (Ruma Foundation), Perwakilan Kemensos

·

Grand Closing

Acara ini merupakan acara peresmian penutupan rangkaian acara ILC 2013 yang ditandai dengan pemukulan gong. Dalam acara ini, peserta dilepas secara resmi melalui pelepasan tanda peserta dan diberikan pesan kepemimpinan agar apa yang mereka dapatkan dari rangkaian acara ILC 2013 dapat diaplikasikan dalam kehidupan nyata ketika kembali ke daerah masing-masing.

 
 
 
 
 


ILDP UI © 2013
developed by FlipBox Studio